More Links

Rabu, 04 Mei 2011

Aurora


Aurora adalah sebuah tampilan cahaya alami di langit, khususnya di daerah kutub, yang disebabkan oleh tumbukan partikel bermuatan diarahkan oleh medan magnet bumi. Aurora Sebuah biasanya diamati pada malam hari dan biasanya terjadi di ionosfer. Hal ini juga disebut sebagai aurora kutub atau, secara kolektif, sebagai lampu kutub. Fenomena ini biasanya terlihat antara 60 dan 72 derajat lintang utara dan selatan, yang menempatkan mereka di atas ring hanya dalam Kutub Utara dan lingkaran kutub Antartika Aurora memang terjadi lebih dalam di daerah kutub, tetapi ini jarang terjadi dan sering tak terlihat dengan mata telanjang.

Di lintang utara, efek ini dikenal sebagai aurora borealis (atau cahaya utara), dinamakan setelah dewi Romawi fajar, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, angin dr utara, oleh Pierre Gassendi pada tahun 1621. Aurora terlihat di dekat kutub magnet mungkin overhead tinggi, tetapi dari jauh, mereka menerangi cakrawala utara sebagai cahaya kehijauan atau kadang-kadang merah samar, seolah-olah matahari itu terbit dari arah yang tidak biasa. Yang aurora borealis yang paling sering terjadi di dekat ekuinoks. Lampu utara memiliki sejumlah nama sepanjang sejarah. Para Cree menyebutnya fenomena "Tari dari Roh". Di Eropa, pada Abad Pertengahan, aurora yang umum diyakini tanda dari Allah (lihat Wilfried Schröder, Das Phänomen des Polarlichts, Darmstadt 1984). 

Its counterpart selatan, aurora australis (atau lampu selatan), memiliki sifat yang sama, dan terlihat dari lintang selatan yang tinggi di Antartika, Amerika Selatan dan AustraliaAurora dapat terlihat di seluruh dunia dan di planet lain. Mereka adalah yang paling terlihat lebih dekat ke kutub akibat periode lama kegelapan dan medan magnet. 
Benjamin Franklin berteori bahwa "misteri Cahaya Utara" disebabkan oleh konsentrasi muatan listrik di daerah kutub intensif oleh salju dan kelembaban lainnya.
     Auroral elektron berasal dari balok yang dipancarkan oleh Matahari. Hal ini diklaim sekitar tahun 1900 oleh Kristian Birkeland, yang eksperimen dalam ruang vakum dengan elektron balok dan bidang magnet (model miniatur Bumi atau "terrellas") menunjukkan bahwa elektron tersebut akan dipandu menuju daerah kutub. Masalah dengan model ini termasuk tidak adanya aurora di kutub sendiri, self-penyebaran seperti balok oleh muatan negatif mereka, dan lebih baru-baru ini, tidak adanya bukti pengamatan di ruang angkasa.
     Aurora adalah melimpah dari sabuk radiasi ("teori leaky bucket"). Ini pertama kali dibantah sekitar 1962 oleh James Van Allen dan rekan kerja, yang menunjukkan bahwa tingginya tingkat disipasi energi dengan aurora cepat akan mengeringkan sabuk radiasi. Segera setelah itu, menjadi jelas bahwa sebagian besar energi dalam partikel terperangkap tinggal di ion positif, sedangkan partikel auroral hampir selalu elektron, energi relatif rendah.
     Aurora dihasilkan oleh partikel angin matahari dipandu oleh garis-garis medan bumi ke atas atmosfer. Hal ini berlaku untuk aurora titik puncak, tetapi di luar cusp, angin matahari tidak memiliki akses langsung. Selain itu, energi utama dalam angin matahari berada di ion positif, elektron hanya memiliki sekitar 0,5 eV (elektron volt), dan sementara di cusp yang ini akan naik menjadi 50-100 eV, yang masih jauh lebih rendah dari energi aurora.

0 komentar:

Posting Komentar